Sabtu, 05 Februari 2011

Cara Cepat Menjadi Kaya dan Tetap Kaya ( karya Robert T Kiyosaki)




Pendahuluan:
Mengapa Daud
Melawan Goliat
 
 
Daud dan Goliat adalah salah satu cerita favorit ayah kaya.   Saya rasa dia sendiri mungkin melihat dirinya sebagai Daud, orang yang  memulai dari nol, namun naik untuk bersaing menghadapi raksasa-raksasa bisnis.  Ayah kaya berkata, “Daud dapat mengalahkan Goliat karena Daud tahu cara menggunakan kekuatan daya ungkit.   Seorang remaja dan umban  sederhana jauh lebih hebat daripada raksasa yang ditakuti, Goliat.  Itulah kekuatan daya ungkit.”   Buku-buku saya sebelum  ini membicarakan kekuatan arus kas.  Ayah kaya berkata,  “Arus kas  adalah kata terpenting dalam  dunia uang.  Kata terpenting kedua adalah  daya ungkit.”  Dia juga berkata, “Daya ungkitlah yang membuat sebagian orang menjadi kaya dan yang lain tidak menjadi kaya.”  Ayah kaya melanjutkan untuk menjelaskan bahwa  daya ungkit merupakan kekuatan dan kekutan itu dapat bekerja membantu anda atau melawan anda.  Karena daya ungkit merupakan kekuatan, sebagian menggunakannya, sebagian menyalahgunakannya, dan yang lain takut terhadapnya.  Dia berkata, “Penyebab tidak sampai 5% dari seluruh orang Amerika kaya adalah karena hanya 5% yang mengetahui cara memanfaatkan kekuatan daya ungkit.  Banyak  orang yang ingin menjadi kaya, gagal menjadi kaya karena mereka menyalahgunakan kekuatan itu.  Dan sebagian besar orang tidak menjadi kaya karena mereka  takut terhadap kekuatan daya ungkit.”  Terdapat Banyak Bentuk Daya Ungkit  Daya ungkit tersedia dalam banyak bentuk.  Salah satu bentuk daya ungkit yang dikenal adalah daya ungkit uang pinjaman.   Kini kita mengetahui persoalan berat  
dari orang-orang yang menyalahgunakan bentuk daya ungkit yang kuat ini.  Jutaan
orang berada dalam kesulitan finansial karena kekuatan daya ungkit utang
digunakan melawan mereka.  Karena konsekuensi  penyalahgunaan daya ungkit
utang, banyak orang yang sekarang  takut  terhadap bentuk daya ungkit ini,
berkata, “Potonglah kartu kredit anda,  lunasilah hipotek (kredit dengan jaminan
harta tak bergerak) anda, dan jangan berutang.”  Ayah kaya saya akan tertawa dan
berkata, “Memotong kartu kreditmu tidak akan membuatmu kaya.  Memotong
kartu kredit saya hanya membuat saya sengsara.”  Sekalipun demikian, ayah kaya
sepakat bahwa kalau anda merasa terganggu dengan kekuatan daya ungkit utang,
jelas anda harus memotong kartu kredit anda, melunasi hipotek anda, dan bebas
dari utang.  Dia berkata, “Memberikan kartu kredit kepada sebagian orang adalah
seperti memberikan senjata berisi peluru kepada orang mabuk.  

 Siapapun yang berada dekat orang mabuk itu sedang dalam bahaya,
termasuk orang mabuk itu.”  Ayah kaya tidak mengajari kami untuk takut terhadap
kekuatan daya ungkit utang, melainkan mengajari  putranya dan saya cara
menggunakan kekuatan daya ungkit utang untuk keuntungan kami.  Karena itu dia
sering berkata, “Ada utang bagus dan utang jelek.  Utang bagus membuatmu kaya
dan utang jelek membuatmu miskin.”   Sebagian besar orang dibebani dengan
utang jelek dan banyak yang  lain hidup dalam ketakutan terhadap utang dan
merasa bangga karena bebas utang ... bahkan sampai pada keadaan bebas dari
utang bagus.  Dalam buku ini, anda akan mengetahui bagaimana istri saya, Kim,
dan saya pensiun muda dan pensiun kaya karena utang kami sangat banyak, kami
punya sangat banyak utang bagus, utang  yang membuat kami  kaya dan bebas
secara finansial.  Dengan kata lain, kami menggunakan kekuatan daya ungkit,
kami tidak menyalahgunakan kekuatan itu, atau hidup dalam ketakutan terhadap
kekuatan itu. 
 Sebaliknya kami menghargai kekuatan daya ungkit dan menggunakannya
dengan bijaksana dan hati-hati. 
Dapatkah Semua Orang Menjadi Kaya?

Dalam ratusan wawancara yang saya berikan setelah peluncuran buku Rich
Dad yang pertama saya menerima pertanyaan ini: “Menurut anda apakah semua
orang bisa kaya?” 

 Saya menjawab, “Ya.  Saya percaya semua orang berpotensi menjadi kaya.”
Di situ saya sering ditanya, “Kalau semua orang berpotensi menjadi kaya, kenapa
sangat sedikit yang benar-benar menjadi kaya?”
 Jawaban saya biasanya adalah, “Hari ini saya tidak punya waktu untuk
menjawab pertanyaan itu.”  Kalau mereka bersikeras, saya mungkin berkata,
“Banyak dari jawaban ini terdapat dalam empat buku pertama  saya dalam seri
Rich Dad.” 

 Kalau pewawancara itu gigih mereka mungkin menanyakan sesuatu seperti,
“Kapan anda akan memberi kami semua jawaban?”
 Saya menjawab, “Saya tidak tahu apakah ada orang yang mempunyai semua
jawaban.” 

 Walaupun saya tidak mempunyai semua jawaban, saya sangat senang
bahwa akhirnya saya dapat menghadirkan buku ini, buku nomor lima dalam seri
Rich Dad, bagi anda.  Buku ini pasti  akan menjelaskan mengapa saya percaya
bahwa semua orang sudah mempunyai kekuatan dan potensi untuk menjadi sangat
kaya ... dan saya maksud  semua orang, bukan hanya beberapa orang.  Buku ini
juga akan menjelaskan bagaimana istri saya, Kim, dan saya bisa pensiun muda dan
pensiun kaya, meskipun kami memulai tanpa uang sama sekali.  Dan buku ini juga
akan menjelaskan mengapa sebagian orang kaya dan mengapa yang lain miskin
meskipun kita semua mempunyai kekuatan dan potensi untuk menjadi sangat kaya
dan pensiun muda.  Semuanya itu adalah soal daya ungkit. 

 Keempat buku yang pertama dalam seri Rich Dad  terutama membicarakan
tentang kekuatan arus kas.  Buku ini membicarakan tentang daya ungkit.  Mengapa
satu buku utuh?  Alasannya adalah karena daya ungkit merupakan kata yang  
 sangat penting, meliputi dan menyangkut hampir semua  hal dalam hidup kita. 
Buku ini akan berfokus pada tiga bentuk daya ungkit yang penting.  Mereka
adalah:

Bagian I: Daya Ungkit Pikiran Anda

Merupakan bagian terpenting dari buku ini.  Dalam bagian ini, anda akan
mengetahui mengapa uang tidak membuat anda kaya.  Dalam bagian ini, anda
akan mengetahui bahwa bentuk daya ungkit yang paling  hebat di dunia, pikiran
anda, mempunyai kemampuan untuk membuat anda kaya atau membuat anda
miskin.  Sama seperti seseorang dapat menggunakan, menyalahgunakan, atau takut
terhadap kekuatan daya  ungkit utang, hal yang sama berlaku bila menyangkut
pikiran anda, bentuk daya ungkit yang paling hebat.


Kata-kata Merupakan Daya Ungkit

Anda akan mempelajari kekuatan kata-kata.  Ayah kaya selalu berkata,
“Kata-kata merupakan daya ungkit.  Kata-kata merupakan peralatan yang hebat ...
peralatan bagi pikiran.  Tetapi sama seperti kamu bisa menggunakan utang untuk
membuatmu kaya atau miskin, kata-kata bisa digunakan untuk membuatmu kaya
atau miskin.”  Dalam bagian ini, anda akan belajar tentang kekuatan kata-kata dan
cara orang kaya menggunakan kata-kata  kaya dan orang miskin menggunakan
kata-kata miskin.  Ayah kaya sering berkata, “Pikiranmu bisa menjadi aset yang
paling hebat atau bisa menjadi liabilitas yang paling hebat.  Kalau kamu
menggunakan kata-kata yang tepat dalam pikiranmu, kamu akan menjadi sangat
kaya.  Kalau kamu menggunakan kata-kata yang salah, pikiranmu akan
membuatmu miskin.”  Dalam bagian ini, anda akan belajar tentang kata-kata kaya
dan kata-kata miskin ... kata-kata lambat dan kata-kata cepat.  Anda akan
mengetahui mengapa ayah  kaya berkata, “Tidak diperlukan uang untuk
menghasilkan uang.”  Dia berkata, “Menjadi kaya dimulai  dengan kata-katamu 
dan kata-kata itu gratis.”  Dalam  Rich Dad Poor Dad, anda mungkin sudah
membaca bahwa ayah kaya melarang putranya dan saya berkata, “Saya tidak
sanggup membelinya.”  Ayah  kaya berkata, “Perbedaan antara orang kaya dan
orang miskin adalah orang miskin berkata ‘Saya tidak sanggup membelinya’ lebih
sering daripada orang kaya.  Itulah perbedaan utamanya.”

Mengapa Berinvestasi Tidak Berisiko

Dalam buku ini, anda akan mengetahui mengapa orang yang berkata
“Berinvestasi itu berisiko” adalah sebagian orang yang mengalami kerugian
terbesar di bursa investasi.  Sekali lagi hal itu kembali pada kata-kata.  Anda akan
belajar bahwa apa yang menurut anda real akan menjadi realitas anda.  Anda akan
mengetahui mengapa orang yang berpikir bahwa berinvestasi itu berisiko akan
berinvestasi dalam investasi yang paling berisiko dari semua investasi.  Itu
disebabkan oleh realitas mereka.  Dalam buku ini, anda akan belajar mengapa
berinvestasi tidak harus berisiko.  Untuk mendapatkan investasi yang lebih aman
dan memperoleh hasil yang lebih tinggi, pertama-tama orang harus mulai
mengubah kata-katanya. 

 Seperti dikatakan sebelumnya, kekuatan daya ungkit dapat digunakan,
disalahgunakan, atau ditakuti.  Dalam bagian ini, anda akan mempelajari cara
menggunakan daya ungkit pikiran anda untuk keuntungan finansial anda, bukan
menggunakannya untuk melawan anda.  Ayah kaya berkata, “Sebagian besar
orang menggunakan daya ungkit paling hebat di dunia, pikiran mereka, dan
menggunakan kekuatan itu untuk membuat mereka miskin.  Itu bukan penggunaan
kekuatan.  Itu penyalahgunaan.  Tiap kali kamu berkata, ‘Saya tidak sanggup
membelinya’ atau ‘Saya tidak dapat  melakukannya’ atau ‘Berinvestasi itu
berisiko’ atau ‘Saya tidak akan pernah menjadi kaya,’ kamu sedang menggunakan
bentuk daya ungkit paling hebat yang  kamu miliki ... menggunakannya untuk
menyiksa diri sendiri.”
 Kalau anda ingin pensiun muda dan pensiun kaya, anda perlu menggunakan
pikiran anda untuk keuntungan anda, bukan melawan anda.  Kalau anda tidak
dapat melakukannya, dua bagian lainnya dari buku ini tidak akan mungkin bagi
anda, walaupun mudah dilakukan.  Kalau anda dapat mengendalikan bentuk daya
ungkit anda yang paling hebat, dua bagian berikutnya akan mudah karena memang
mudah.

Bagian II: Daya Ungkit Rencana Anda

Dalam buku nomor tiga,  Rich Dad’s Guide to Investing, saya menulis
bahwa “berinvestasi merupakan rencana”.  Agar Kim dan saya bisa pensiun muda,
kami harus mempunyai rencana ... sebuah rencana yang dimulai dari nol, karena
kami tidak punya apa-apa.   Rencana itu mempunyai akhir atau jalan keluar dan
juga mempunyai batas waktu.  Batas waktu kami  adalah sepuluh tahun atau
kurang.  Kami mencapainya dalam sembilan tahun, pensiun pada 1994.  Saya
berumur empat puluh tujuh dan Kim tiga puluh tujuh.  Walaupun kami memulai
dari nol, kami keluar dengan penghasilan sekitar $85.000  hingga $120.000 per
tahun, tergantung pasar, tanpa bekerja.  Penghasilan kami sekarang semata-mata
berasal dari investasi kami.  Meskipun mungkin itu bukan jumlah uang yang besar,
kami bebas secara finansial karena pengeluaran kami kurang dari $50.000 per
tahun.


Kami Pensiun Muda Agar Menjadi Kaya

Salah satu manfaat pensiun muda adalah sekarang kami punya waktu luang
untuk menjadi kaya.  Majalah  Forbes mendefinisikan kaya sebagai memiliki
penghasilan $1 juta per tahun.   Dengan kata lain, menurut Forbes kami belum
kaya saat kami pensiun.  Mengetahui hal itu, salah satu alasan untuk pensiun muda
adalah agar kami bisa punya waktu untuk menjadi kaya.  Setelah pensiun, rencana
kami adalah menghabiskan waktu untuk berinvestasi dan membangun bisnis. 
 Kini, selain mempunyai saham real estat besar, kami telah mendirikan perusahaan
penerbitan, perusahaan pertambangan, perusahaan  teknologi, dan perusahaan
minyak, sekaligus berinvestasi di bursa  saham.  Seperti sering dikatakan ayah
kaya, “Persoalan dengan mempunyai pekerjaan adalah bahwa hal itu menghalangi
seseorang untuk menjadi kaya.”  Dengan  kata lain, kami pensiun muda supaya
kami punya waktu untuk menjadi kaya.  Kini, penghasilan per tahun kami dari
berbagai investasi dan bisnis mencapai jutaan dollar dan terus meningkat dengan
mantap, bahkan setelah kejatuhan bursa saham.  Semuanya berjalan menurut
rencana. 

 Dalam buku nomor tiga,  Rich Dad’s Guide to Investing, saya menulis
bahwa sebagian besar orang mempunyai rencana untuk menjadi miskin.  Itu
sebabnya sangat banyak  orang berkata, “Kalau saya pensiun, penghasilan saya
akan berkurang.”  Dengan kata lain, mereka sedang mengatakan, “Saya berencana
untuk bekerja keras seumur hidup kemudian saya akan menjadi lebih miskin
setelah pensiun.”  Mungkin itu merupakan  rencana yang tepat pada Era Industri,
tetapi itu merupakan rencana yang sangat buruk pada Era Informasi. 

 Jutaan pekerja sekarang bergantung pada rencana pensiun mereka, rencana-
rencana seperti 401k, IRA, Superannuation di Australia, RRSP di Kanada, dan
rencana-rencana lain yang dipersiapkan untuk pensiun mereka.  Rencana-rencana
ini saya sebut sebagai rencana pensiun Era Informasi.  Saya menyebutnya
demikian karena pada Era Informasi,  para karyawan kini bertanggung jawab
terhadap pensiun mereka.  Pada Era Industri, perusahaan atau pemerintahlah yang
akan memenuhi kebutuhan finansial anda setelah masa kerja anda berakhir. 

Terdapat kesalahan tragis dalam rencana pensiun Era Informasi ini.  Kesalahan itu
adalah bahwa sebagian besar dari rencana-rencana ini dikaitkan dengan bursa
saham, dan seperti mungkin  sudah anda perhatikan, harga saham naik dan harga
saham turun.  Saya terkejut ketika menyadari bahwa berjuta-juta orang yang
bekerja keras sekarang mempertaruhkan  masa depan finansial dan jaminan
finansial mereka pada bursa saham.  Apa yang akan terjadi dengan para pekerja ini 
jika, misalnya, mereka berumur delapan puluh lima tahun, rencana pensiun mereka
sudah tidak ada, entah karena habis, pencurian, atau kejatuhan bursa saham? 
Apakah anda akan berkata kepada mereka, “Carilah pekerjaan dan mulailah
menabung untuk pensiun?”  Itu sebabnya  saya khawatir dan  karena itu saya
menulis dan mengajar.  Saya berpendapat kita perlu mendidik dengan lebih baik
dan mempersiapkan orang-orang dengan lebih baik pada Era Informasi, era di
mana kita semua perlu mengetahui jauh lebih banyak tentang uang.  Era di mana
kita semua perlu lebih bertanggung jawab dalam hal keuangan  dan tidak terlalu
tergantung pada perusahaan atau pemerintah untuk mencukupi kebutuhan kita
ketika masa kerja kita berakhir. 

 Perhatikan saja angka-angka.  Sebelum  tahun 2010, orang pertama dari 75
juta baby boomers (orang yang lahir pada masa ledakan bayi setelah Perang Dunia
Kedua) akan mulai pensiun.  Pada tahun-tahun berikutnya, katakanlah masing-
masing dari 75 juta orang ini mulai mengambil $1.000 saja per bulan dari rencana
pensiun yang dijanjikan pemerintah yang iurannya telah mereka bayar, dan $1.000
per bulan lagi dari pasar uang.  Kalau matematika saya benar, 75 juta x $1.000
sama dengan $75 miliar per bulan dari program pemerintah dan $75 juta lagi dari
pasar uang.  Tujuh puluh lima miliar dollar keluar dari pemerintah dan dari pasar
uang akan memberikan impak yang dramatis pada kedua institusi itu.  Apa yang
akan dilakukan pemerintah?  Menaikkan pajak?  Apa yang akan dilakukan pasar
uang bila $75 miliar keluar dari pasar bukannya masuk?  Menyarankan anda untuk
“Membeli dan menyimpan, berinvestasi dalam jangka panjang, dan mengubah
portofolio anda?”  Akankah para penasihat keuangan tetap mengatakan, “Harga
saham secara rata-rata selalu naik?”  Saya tidak punya bola kristal dan saya tidak
berlagak memprediksi masa depan.  Tetapi saya dapat mengatakan sebanyak ini. 
Gabungan $150 miliar yang keluar dari dua institusi  besar ini bukannya masuk
akan menimbulkan sedikit gejolak ekonomi.
 Rencana lama dari ekonomi lama akan menyebabkan jutaan orang
mengalami kesulitan finansial setelah masa kerja mereka berakhir.  Jutaan orang di 

Amerika tidak punya rencana  pensiun perusahaan atau rencana pensiun pribadi. 
Apa yang akan mereka lakukan?  Mencari pekerjaan?  Bekerja seumur hidup? 
Tinggal bersama anak-anak atau cucu-cucu mereka?  Berencana untuk bekerja
keras seumur hidup merupakan rencana yang buruk.  Meskipun rencana ini
merupakan rencana yang buruk, jutaan  orang mempunyai rencana ini, bahkan
beberapa orang yang berpenghasilan besar saat ini.  Mereka bekerja keras saat ini
tetapi tidak ada yang disisihkan untuk hari esok.  Bagi banyak  baby boomer,
waktu, yakni aset kita yang terpenting, hampir habis. 

 Lalu saya mendengar orang berkata, “Saya tidak memerlukan banyak uang
setelah pensiun.  Rumah saya akan bebas utang dan biaya hidup saya akan turun.” 
Meskipun benar bahwa biaya hidup anda akan turun, yang akan naik adalah biaya
kesehatan anda.  Biaya obat-obatan, kesehatan, dan perawatan gigi sudah sangat
mahal bagi banyak pekerja.  Apa yang akan terjadi bila industri kesehatan
dihadapkan pada jutaan  pensiunan yang memerlukan pemeliharaan kesehatan
untuk hidup, tetapi tidak punya uang untuk membayar?  Dan jika anda percaya
bahwa Medicare (program pemerintah AS yang menyediakan perawatan kesehatan
terutama bagi orang-orang tua) menyelamatkan anda, maka anda mungkin percaya
pada Kelinci Paskah (dongeng tentang kelinci yang membawa sekeranjang telur
warna-warni untuk anak-anak pada hari Paskah) juga. 

 Mungkin karena itu Alan Greenspan, ketua Federal Reserve Board (Dewan
Bank Sentral AS), baru-baru ini mengatakan di televisi, “Kita perlu mulai
mengajarkan melek finansial di sekolah-sekolah.”  Kita perlu mulai mengajarkan
anak-anak kita mencukupi kebutuhan diri sendiri secara finansial, bukannya
mengajarkan mereka untuk  mengharapkan pemerintah atau perusahaan tempat
kerja mereka mencukupi kebutuhan mereka setelah pensiun. 

 Jika anda ingin pensiun muda dan pensiun kaya, anda memerlukan rencana
yang lebih baik daripada yang dimiliki sebagian besar orang.  Bagian 2 adalah
tentang daya ungkit sangat penting untuk mempunyai rencana pensiun muda dan
pensiun kaya.  '
Bagian III: Daya Ungkit Tindakan Anda

Ada cerita yang sering digunakan tentang tiga ekor burung yang hinggap di
atas pagar.  Pertanyaannya adalah, “Bila dua ekor burung memutuskan untuk
terbang, berapa ekor burung yang tersisa?”  Jawabannya adalah, “Tiga burung
tetap di situ.”  Pelajarannya adalah,  hanya karena anda  memutuskan untuk
melakukan sesuatu tidak berarti anda akan melakukan  sesuatu yang telah anda
putuskan.  Dalam dunia nyata tidak sampai 5 persen dari populasi AS kaya karena
95 persen dari populasi mungkin ingin kaya tetapi hanya 5 persen yang bertindak.
 Dalam buku nomor empat,  Rich Kid Smart Kid, saya menulis tentang
bagaimana sistem sekolah kita menghukum anak-anak yang melakukan kesalahan.
Namun, bila anda melihat cara kita belajar, kita belajar dari kesalahan kita.
Sebagian besar dari kita belajar naik sepeda dengan berkali-kali jatuh.  Kita belajar
berjalan dengan berkali-kali jatuh.  Lalu kita pergi ke sekolah dan kita diajar untuk
tidak jatuh.  Kita diajar bahwa orang yang jatuh adalah orang bodoh.  Kita diajar
bahwa orang pandai adalah orang yang duduk seperti tiga ekor buruk di atas pagar
dan menghafal jawaban yang benar.  Tidak heran mengapa hanya 5 persen orang
Amerika menjadi kaya.  Jika anda melihat beberapa orang terkaya di dunia, orang-
orang seperti Bill gates, pendiri Microsoft; Michael Dell, pendiri Dell Computer
Corporation; Ted Turner, pendiri CNN; Henry Ford, pendiri Ford Motor
Company; dan Thomas Edison, pendiri General Electric, mereka semua tidak lulus
kuliah.

 Saya tidak mengatakan bahwa sekolah jelek.  Pada Era Informasi, sekolah
dan pendidikan lebih penting dibanding  sebelumnya.  Saya mengatakan bahwa
kadang-kadang untuk menjadi sukses kita perlu belajar untuk tidak melakukan apa
yang telah diajarkan kepada kita untuk dilakukan.  Jika anda ingin lebih sukses,
cukup perhatikan bagaimana  anak-anak belajar dan tirulah mereka.  Salah satu
yang harus saya pelajari adalah bagaimana mengatasi ketakutan untuk melakukan
kesalahan, ketakutan untuk jatuh, dan ketakutan untuk malu.  Sebagian besar anak

kecil tahu bagaimana melakukannya secara alamiah,  tetapi kemudian kita
mengajarnya untuk tidak melakukannya di sekolah.  Jika saya belum bisa belajar
cara melakukan kesalahan, belajar cara jatuh, belajar cara mengatasi rasa malu
saya, saya belum bisa pensiun muda dan pensiun kaya.

Tiga Hal Mudah yang Dapat Dilakukan Semua Orang untuk Menjadi kaya
Saya selalu mengatakan bahwa yang harus anda lakukan untuk menjadi
kaya itu sederhana dan mudah.  Hampir semua orang dapat melakukannya.  Saya
senang berbagi buku ini karena Bagian 1 dan 2 mempersiapkan anda untuk
melakukan hal-hal sederhana  yang perlu anda lakukan,  jika anda ingin pensiun
muda dan pensiun kaya.  Pada Bagian 3, saya akan membahas hal-hal sederhana
dan mudah yang dapat dilakukan oleh sebagian besar orang untuk menjadi kaya.
Saya akan membahas tiga aset utama yang membuat orang kaya dan
memungkinkan mereka untuk pensiun muda.  Ketiga aset itu adalah:

1. Real estat
2. Aset Kertas
3. Bisnis

 Pada Bagian 3, anda akan mempelajari apa yang dapat anda lakukan untuk
mulai memperoleh ketiga aset yang sangat penting ini.  Yang membuat Kim dan
saya bisa pensiun muda dan pensiun kaya adalah karena kami menghabiskan
waktu kami untuk memperoleh aset bukannya bekerja untuk memperoleh uang.
 Kalau anda dapat membaca buku ini, anda dapat melakukan langkah-
langkah tindakan sederhana itu untuk mulai memperoleh ketiga aset penting ini,
aset yang dimiliki oleh 5 persen populasi.  Saya menjanjikan bahwa anda dapat
melakukan langkah-langkah tindakan itu, tetapi anda perlu membaca dua bagian
pertama dari buku ini.   Kalau anda tidak membaca dua bagian pertama,
kemungkinan anda tidak dapat melakukan langkah-langkah tindakan itu, meskipun

langkah-langkah itu mudah dilakukan.  Seperti dikatakan ayah kaya kepada saya
bertahun-tahun yang lalu, “Menjadi kaya dimulai dengan pola pikir yang benar,
kata-kata yang benar, rencana yang benar.  Setelah kamu memilikinya, langkah-
langkah tindakannya mudah.”

 Jadi mengapa Daud melawan Goliat?  Jawaban ayah kaya untuk pertanyaan
ini adalah, “Daud melawan Goliat supaya dia dapat melawan raksasa di dalam
dirinya sendiri.”  Dia juga berkata, “Di dalam diri kita masing-masing terdapat
seorang Daud dan seorang Goliat.  Banyak orang tidak sukses dalam kehidupan
karena dia lari ketika bertemu Goliat.  Tanpa Goliat, Daud tidak akan pernah
menjadi tokoh besar umat manusia.”  Ayah kaya menggunakan kisah ini untuk
menginspirasi putranya dan saya agar menjadi raksasa finansial.  Dengan kata lain,
sebagai ganti membunuh raksasa, ayah kaya menginspirasi kami agar menjadi
raksasa-raksasa.

 Buku ini berbicara tentang menjadi bebas secara finansial.  Kim dan saya
mencapai kebebasan itu dengan memiliki atau membangun aset ... aset yang
bekerja keras sehingga kami tidak harus  bekerja.  Setelah  bebas, kami cukup
melanjutkan membangun portofolio kami dari tiga golongan aset itu, yaitu bisnis,
aset kertas, dan real estat, menjadi portofolio raksasa.  Kami penisun muda dan
menjadi semakin kaya dengan menggunakan semua daya ungkit yang dapat kami
gunakan untuk membangun aset-aset ini.  Kini aset-aset itu memberikan
penghasilan yang semakin banyak sementara kami bekerja semakin sedikit.  Jika
anda ingin melakukan hal yang sama, buku ini cocok untuk anda.  Buku ini ditulis
untuk menolong anda menemukan kebebasan finansial anda sendiri ... kebebasan
dari pekerjaan yang menjemukan untuk mencari nafkah.

 Sebagai penutup, Daud menjadi tokoh besar dengan menggunakan semua
daya ungkit yang dapat dia gunakan.  Anda dapat melakukan hal yang sama.  Buku
ini adalah tentang menampilkan raksasa di dalam diri anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar